Jumat, 20 Juni 2014

Grand Alliance (Aliansi Agung)

Grand Allaince atau Aliansi Agung adalah sebuah aliansi yang dibentuk selama Perang Dunia II. Aliansi ini terdiri dari  Britania Raya yang di pimpin oleh Winston Chuchill, Amerika Serikat yang di pimpin oleh Franklin Roosevelt dan Uni Soviet yang di pimpin Josef Stalin. Pada hakikatnya ketiga pemimpin ini di sebut "Tiga Besar", karena perang mereka yang sangat besar dalam duni Internasional sealama Perang Dunia II.
Grang Alliance meruapakan judul dari volume ketiga buku Chuchill (Perang Dunia Kedua).

Pada dasarnya aliansi ini adalah bagian dari kebutuhan, karena ketiganya sangat di butuhkan untuk bergabung untuk mengalahkan ancaman Nazi Jerman. Aliansi ini juga serinh di sebut "Aliansi Aneh" karena terdiri dari negara dengan kekuatan kolonial terbesar (Britania Raya), negara kapitalis terbesar (Amerika Serikat) dan negara komuni terbesar (Uni Soviet).

Aliansi ini de bentuk untuk kenyamanan bersama akan tetapi setiap pihak memiliki alasan tersendiri dalam aliansi ini. Britania membetuk aliansi dengan alasan bahwa m, ancaman serangan Jerman dan Jepang bukan hanya pada koloni Imperium Britania, tetapi juga kepada kepualaun tempat tinggalnya sendiri. Amerika Serikat merasa bahwa ekpansi Jepang dan Jerman harus di hentikan tetapi dikesampingkan hingga Penyerangan Pearl Harbor pada tangga; 7 Desember 1941. Sedangkan di Uni Soviet, Pemecahan Pakta Nazi-Soviet dan Operasi Barbarossa pada tahun 1941, dan kebencian atas Ekspansi Jepang yang tak tertandingi di Timur,  terutama mengingat kekalahan mereka dalam beberapa perang sebelumnya dengan Jepang. Jadi, aliansi ini memberikan keuntungan bagi masing-masing pihak.

Ketegangan sering muncul, tetapi ketegangan tersebut tidak sampai mematahkan aliansi ini selama Perang Berlangsung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar